Metro Bintan

Tiba di Kijang, Penumpang KM Kelud Wajib Isolasi Diri 14 Hari

Petugas melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang KM Kelud saat tiba di Pelabuhan Sribayintan Kijang, Bintan Timur, Minggu (5/4) sekitar pukul 05.00 WIB. F.Polsek Bintan Timur untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Sebanyak 38 penumpang KM Kelud dari Tanjungperiok, Jakarta dicek suhu tubuh saat tiba di Pelabuhan Sribayintan Kijang, Bintan Timur, Minggu (5/4) sekitar pukul 05.00 WIB.

“Kita rutin melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang saat tiba dan yang akan berangkat di pelabuhan, “ujar Kapolsek Bintan Timur Kompol Krisna Ramadhani.

Tak hanya pengecekan suhu tubuh, penumpang juga diminta menunjukkan kartu kuning yang dikeluarkan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjungpriok, Jakarta.

“Awalnya kita minta mereka menunjukkan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, baru cek suhu tubuh, “kata dia.

Selanjutnya penumpang  dikumpulkan dan diberi arahan agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Isolasi mandiri 14 hari wajib dilakukan penumpang, “kata dia.

Tidak hanya itu, petugas Kepolisian bersama Karantina dan Puskesmas juga menyiapkan hand sanitizer untuk penumpang.

“Kita juga mengimbau kepada penumpang yang turun dan akan berangkat untuk tetap melakukan phsycal distancing atau menjaga jarak aman, “kata dia.

Sementara itu, Kepala Pos Wilayah Kerja Karantina Kesehatan Pelabuhan Kijang, Indra Utama Tarigan mengatakan hasil pemeriksaan suhu tubuh penumpang turun dan naik dalam ambang batas normal.

“Semua penumpang dalam batas normal, berkisar 35,5 sampai dengan 36,2, tadi kita juga meminta seluruh penumpang untuk menunjukkan kartu kuning (HAC) dari Kesehatan Tanjungpriok kepada kami, “tutupnya.

Sekitar pukul 08.00 WIB, KM. Kelud kembali berangkat menuju pelabuhan Belawan – Sumatera Utara dengan membawa penumpang sebanyak 28 orang yang juga telah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. (met)