Kabar Pemkab

Pemkab Bintan Pesan 1.500 APD

Bupati Bintan, Apri Sujadi dicek suhu tubuh saat meninjau tenaga medis, belum lama ini. F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Pemkab Bintan sedang menggalang lebih banyak kebutuhan untuk membantu tenaga medis dalam memerangi Covid-19. Rencananya Pemkab Bintan akan memesan 1.500 unit Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menuturkan ketersediaan APD dan perlengkapan medis lain mesti dipacu secepatnya. Pasalnya, kebutuhan bagi tenaga medis diperlukan bagi percepatan penanganan pasien.

Pihaknya akan “mempersenjatai ” para tenaga medis yang dipersiapkan menangani pasien virus Corona dengan ratusan set alat pelindung diri.

“Kita berharap yang kita pesan itu segera masuk ke Bintan . Kita sudah pesan sekitar 1.500 set dan perlengkapan lainnya. Tekhnisnya ada di Dinkes Bintan,” tegasnya, Kamis (9/4).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, dr Gama Isnaeni menjelaskan akan memesan sebanyak 1.500 unit APD untuk menambah persediaan yang sudah ada sebagai antisipasi lonjakan penanganan pasien Covid-19.

Ia juga menjelaskan, nantinya semua APD akan didistribusikan ke seluruh pusat kesehatan masyarakat dan juga RSUD Bintan.

“Kita sudah melakukan pemesanan, sebagai langkah antisipasi untuk pemenuhan APD dan perlengkapan medis lainnya bagi kesiapan medis baik di puskesmas maupun di RSUD Bintan,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa perencanaan pemesanan alat medis dengan alokasi sekitar Rp 4,5 miliar nantinya akan digunakan bagi penanganan Covid 19 yang akan disebar di puskesmas dan RSUD yang ada di Bintan meliputi pengadaan 1.200 unit APD lengkap, 70 unit Thermalgun, 400 box rapid test, 8.000 pcs masker N95, 1.500 unit handscoon dan lain-lain.

“Kesemuanya digunakan bagi tenaga medis kita yang digunakan untuk penanganan Covid-19,” tutupnya. (met)