Kabar Pemkab

Polisi Segera Tetapkan Tersangka Penyelundupan TKI Ilegal

Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono usai membahas penanganan para TKI ilegal yang masuk ke Bintan di Gedung Nasional, Tanjunguban, Jumat (10/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Penyidik Satreskrim Polres Bintan segera menetapkan calon tersangka penyelundup puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Malaysia yang masuk ke Tanjunguban, Bintan Kamis (9/4) lalu.

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono mengatakan, kasus ini sudah ditingkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan. Pihaknya juga sedang mengejar mobil yang diduga akan digunakan untuk mengangkut para TKI ilegal tersebut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sedang mengidentifikasi kapal yang diduga membawa para TKI ilegal tersebut.

Dikatakannya juga pada Senin (13/4) nanti pihaknya akan melakukan gelar perkara bersama Kejaksaan Negeri Bintan.

“Kita akan gelar perkara dengan Kejaksaan untuk memudahkan proses penyidikan,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya puluhan TKI ilegal dari Malaysia yang baru tiba di Tanjunguban diamankan aparat penegak hukum. Selanjutnya mereka dibawa ke Kantor Camat Bintan Utara.

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat itu meminta penegak hukum untuk menindak tegas penyalur TKI ilegal yang sudah menyelundupkan TKI dari Malaysia ke Bintan di tengah merebaknya virus corona.

Dia juga meminta para TKI menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai protokol penanganan Covid-19. Hasil pemeriksaan dengan metode rapid tes menyatakan puluhan TKI ilegal ini negatif corona. (met)