Peristiwa

Ibu Terpapar Corona, Anaknya Ditetapkan ODP

Gama : Jangan Dimusuhi Apalagi Dikucilkan

Ilustrasi. F.Pixabay.com

PRO BINTAN – Seorang ibu di Batam positif terpapar virus corona sesuai hasil PCR-nya. Wanita yang dikabarkan bekerja di perusahaan swasta bergerak di industri air tersebut pernah ke Kampung Raya, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara belum lama ini.

“Kemarin ada dua orang positif di Batam, salah satunya pernah ke Tanjunguban beberapa hari untuk menitipkan anaknya,” kata Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni.

Berdasarkan data itu, kata dia, dua anaknya ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tidak hanya dua anaknya, namun tiga orang dalam rumah tersebut sebagai orang yang mengasuh anaknya juga ditetapkan ODP.

“Anaknya sama saudaranya. Makanya mereka kita anggap sebagai ODP,” kata dia.

Kelima ODP tersebut, kata dia, sudah dilakukan rapid diagnostic test (RDT). Hasilnya non reaktif.

“Namun karena di sana (Batam) hasilnya positif, semua (yang di Tanjunguban terpaksa kita lakukan tes swab untuk PCR, “jelasnya.

Saat ini, kelimanya masih dilakukan observasi dengan dikarantina di rumahnya.

Dia berharap masyarakat tidak panik karena pihaknya telah melakukan sesuai kaidah kesehatan dan protokol penanganan covid-19.

“Kita tidak boleh sama orang itu tidak suka. Jangan dimusuhi apalagi dikucilkan. Kalau ada ODP atau PDP di lingkungan sebaiknya dijaga jangan sampai mereka keluar, “imbuhnya. (met)