Peristiwa

Ambil Sampel Swab Keluarga Pasien Positif Corona

Petugas medis berpakaian APD saat mendatangi rumah keluarga pasien positif corona di Kampung Raya, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Rabu (15/4). F.Kiriman Sembiring untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) mengambil sampel swab keluarga pasien positif corona di Kampung Raya, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara pada Rabu (15/4) siang.

Pengambilan sampel ini karena seorang wanita pasien positif corona di Batam sempat kontak dengan keluarganya di Kampung Raya, Tanjunguban.

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni membenarkan petugas medis dari tim gugus tugas penanganan kecamatan yang mengambil sampel swab keluarga pasien positif corona di Kampung Raya, Tanjunguban.

Rencananya sampel swab dari 5 orang yang masuk daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) tersebut akan segera dikirim, Rabu (15/4) ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Klas I Batam.

“Lama, di sana antre,” kata dia menjawab berapa lama hasil swab bisa diketahui?

Dia berharap sampel – sampel swab yang dikirim dari Bintan ke BTKL PP Batam untuk dilakukan pengujian dengan alat PCR bisa segera diketahui.

Sebelumnya diberitakan, seorang ibu dari Batam sempat menitipkan anaknya ke keluarganya di Tanjunguban. Sekembalinya ke Batam, wanita tersebut dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil PCR.

Akhirnya, lima keluarganya termasuk dua anaknya ditetapkan sebagai Orang Dalam Pamantauan (ODP) dan telah dilakukan rapid diagnostic test dengan hasil non reaktif.

Data perkembangan ODP dan PDP terkini pada Rabu (15/4) dirangkum dari Dinkes Bintan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Bintan sebanyak 15 orang dengan rincian 7 orang menunggu hasil PCR sedangkan 8 orang sudah keluar hasil PCR.

15 PDP tersebar di Kijang 4 orang dengan rincian 1 masih dirawat dan 3 sudah pulang, Sei Lekop ada 2 orang dengan rincian 2 sudah pulang, Kelong 1 orang dan masih dirawat, Toapaya 1 orang meninggal karena penyakit penyerta karena sampai saat ini hasil PCR belum keluar. Kawal 2 orang dengan rincian 1 orang dirawat dan 1 pulang, Teluk Bintan 2 orang dengan rincian 1 orang pulang dan 1 orang meninggal karena penyakit penyerta sebab hasil PCR belum keluar, Tanjunguban 1 orang sudah pulang, Teluk Sasah 1 orang dirawat, Teluk Sebong 1 orang sudah pulang. Total 15 orang dengan rincian 4 orang dirawat, 9 orang pulang dan 2 orang meninggal.

Selain itu, jumlah ODP di Bintan sebanyak 80 orang dengan keterangan 56 orang sudah selesai pemantauan dan 24 orang masih dalam proses pemantauan.

Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 8 orang dengan rincian 5 orang di Kelong dan 3 orang di Tanjunguban. (met)