Metro Bintan

Karyawan PT BRC Sepakat Tidak Mudik Lebaran

GGM PT BRC Abdul Wahab (paling kiri) beserta manajemen PT BRC dan serikat pekerja dan Kadisnaker Bintan Indra Hidayat (dua kanan) menghadiri penandatanganan perjanjian bersama karyawan tidak mudik Lebaran 2020 di Kantor PT BRC, Lagoi, Rabu (15/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) pengelola Kawasan Pariwisata International Bintan meminta karyawannya tidak mudik Lebaran 2020.

Hal ini disepakati karyawan menyusul imbauan pemerintah agar masyarakat menunda mudik Lebaran untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Kesepakatan karyawan tidak mudik Lebaran dituangkan dalam Perjanjian Bersama ditandatangani oleh General Manager Finance dan Admin PT BRC, Hebron Habeahan dan Ketua FSP PAR SPSI PT BRC, Firmansyah serta disaksikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan, Indra Hidayat, di Kantor PT BRC, Lagoi, Rabu (15/4).

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab.

GGM PT BRC, Abdul Wahab mengatakan, pihaknya terus berupaya menekan laju penyebaran Covid-19. Salah satunya membuat persetujuan bersama antara manajemen dan serikat pekerja yang mewakili karyawan PT BRC. Persetujuan bersama itu berisi kesepakatan seluruh karyawan untuk tidak melakukan mudik Lebaran pada tahun 2020 ini.

“Perjanjian Bersama ini merupakan komitmen karyawan dan manajemen PT BRC melawan virus corona,” kata dia.

Dia juga mengatakan, pihaknya rutin melakukan penyemprotan disinfektan di kantor-kantor PT BRC, tempat-tempat umum seperti Pujasera, Ferry Terminal dan rumah ibadah. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan.

Dia berharap upaya-upaya yang sudah dilakukan dapat menjadi contoh bagi semua perusahaan di lingkungan Bintan Resort.

Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja FSP PAR SPSI PT BRC, Firmansyah, menyampaikan serikat pekerja dan karyawan sangat memahami kondisi perusahaan dalam situasi merebaknya wabah Covid-19 ini.

Situasi ini telah berdampak pada menurunnya usaha perhotelan sehingga banyak hotel telah memutuskan untuk merumahkan karyawannya untuk sementara.

Di sisi lain, ia mengatakan, serikat pekerja sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada manajemen PT BRC yang sampai sejauh ini tetap berupaya mempertahankan karyawannya untuk tetap bekerja, menambah armada transportasi bagi karyawan agar social dan physical distancing dapat diterapkan sepenuhnya, membagi vitamin dan masker kepada karyawan.

“Semua yang dilakukan manajemen PT BRC untuk menjaga agar karyawan tetap dalam keadaan sehat,” kata dia.

Tidak lupa dia juga mengimbau kepada semua pengurus unit kerja agar dapat memberi pemahaman kepada seluruh karyawan di departemen untuk mengerti tentang kebijakan-kebijakan yang diambil oleh perusahaan yang salah satunya dituangkan di dalam Persetujuan Bersama kali ini yakni imbauan kepada karyawan untuk tidak melakukan mudik lebaran tahun 2020.

“Sebisa mungkin berada di rumah saja,” harapnya.

Kadisnaker Bintan, Indra Hidayat mengapresiasi PT BRC yang melakukan berbagai hal untuk menekan penyebaran Covid-19 ini baik sebelumnya maupun adanya kesepakatan bersama antara serikat pekerja dan manajemen untuk tidak mudik lebaran tahun ini.

“Kita berharap apa yang telah dilakukan oleh PT BRC dapat menjadi panutan bagi perusahaan atau resort yang lain,” kata dia.

Selain acara itu, PT BRC juga melakukan pembagian masker secara simbolik kepada seluruh karyawan dan keluarga karyawan PT BRC, PT BMW, PT Safari Lagoi Bintan, CIQP Bandar Bentan Telani, Yayasan Bintan Resort dan sekolah-sekolah yang ada di dalam kawasan Bintan Resort. (met)