Metro Bintan

Warga Bintan Wajib Pakai Masker

Aparatur desa Toapaya Utara dan aparat Kepolisian dan TNI membagikan masker ke masyarakat Toapaya Utara, Minggu (19/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi mewajibkan semua masyarakat Bintan menggunakan masker selama berada di luar rumah.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Bupati Bintan Nomor 02 Tahun 2020 Tentang Kewajiban Penggunaan Masker dan Penyediaan Sarana Cuci Tangan atau Handsanitaizer di fasilitas umum.

Apri Sujadi mengatakan, sebagai langkah melindungi masyarakat Bintan dari penularan coronavirus.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat untuk meminta masyarakat menggunakan masker.

“Saat ini kita minta ke kepala OPD dan camat untuk mensosialisasikan selama 1 minggu. Karena instruksi ini mulai efektif berlaku setelah masa sosialisasi habis sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian,” katanya.

Penggunaan masker kata dia, wajib bagi masyarakat yang keluar rumah.

“Beraktivitas di luar rumah, wajib masker tanpa kecuali,” kata dia.

Apri juga menyarankan agar masyarakat menggunakan masker kain daripada masker medis yang saat ini sulit diperoleh.

“Penggunaan masker kain bisa berulang kali dengan dicuci bersih,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dia meminta masyarakat selama berada di perbankan, perhotelan, SPBU, pasar, swalayan pertokoaan,  restoran atau kedai kopi dan warung makan, tempat cukur rambut atau salon serta transportasi umum juga wajib menggunakan masker.

“Kalau ada masyarakat datang tidak menggunakan masker, jangan dilayani,” kata dia.

Dia juga mewajibkan pemilik tempat usaha menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan atau penyediaan hand sanitizer.

“Saya sudah minta TNI Polri dan Satpol PP ikut mengawasi. Kalau tidak disediakan tempat cuci tangan atau handsanitaizer, silakan tutup sampai mereka menyediakan tempat cuci tangan atau handsanitizer,” kata dia.

“Kalau sudah disediakan handsanitaizer atau tempat cuci tangan, dan mereka yang berjualan menggunakan masker, silakan buka,” tambahnya.

Sementara itu, Kades Toapaya Utara, Sayet mengatakan, pihaknya sudah meminta masyarakat menggunakan masker. Bahkan, dirinya bersama aparat Kepolisian dan TNI terus membagikan masker ke masyarakat sebagai upaya pencegahan virus corona.

“Ya kita bagikan supaya masyarakat menggunakan masker. Apalagi imbauan pemerintah sudah jelas, wajib masker,” kata dia, Minggu (19/4) siang.

Dia mengatakan, ada sekitar 800 masker yang dibagikan ke masyarakat.

“Saat ini kita bagikan di RW 02, ke depan akan kita bagikan ke RW 01 dan 03,” ujarnya. (met)