Metro Bintan

Pekerjaan Jalan Tembus ke Pelabuhan Seri Kuala Tanjung, Tunggu Lahan

Di sekitar Pelabuhan Seri Kuala Tanjung, Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam nantinya akan dibangun pelabuhan bongkar muat. Untuk memudahkan arus keluar masuk barang, pemerintah akan membangun jalan ke pelabuhan tersebut. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Bintan masih menunggu ketersediaan lahan untuk pekerjaan jalan tembus dengan panjang sekitar 5,3 kilometer (Km) ke Pelabuhan Seri Kuala Tanjung, Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan.

Anggota Bidang Sarana dan Prasarana BP Kawasan Bintan, Bayu Wicaksono mengatakan, pekerjaan jalan ini untuk menunjang rencana pembangunan pelabuhan bongkar muat di Desa Teluk Sasah, sehingga diperlukan struktur jalan yang lebih kokoh untuk menahan beban kendaraan-kendaraan berdaya angkut besar seperti kendaraan -kendaraan membawa alat berat.

Oleh karena itu, BP Kawasan Bintan telah menyelesaikan Detail Engineering Design (DED) pekerjaan jalan tembus ke dermaga Seri Kuala Tanjung dengan nilai lebih kurang Rp 586 juta.

Bahkan pada tahun 2019, ia mengatakan, anggaran pekerjaan jalan sudah dihitung dengan kalkulasi anggaran sekitar Rp 118 miliar.

“Perhitungan itu bisa berubah bertambah atau berkurang. Semua tergantung kurs dollar nanti saat akan dibangun jalan atau harga material nanti,” katanya.

Dia memastikan tahun ini pekerjaan jalan belum dapat dilakukan karena tak masuk perencanaan pembangunan tahun ini terlebih lahan untuk pekerjaan jalan belum dibebaskan.

Pekerjaan jalan tembus ke dermaga Seri Kuala Tanjung ini, menurut dia, akan dibangun di lahan PT Surya Bangun Pertiwi (SBP) Lobam dan sebagian lahan warga.

“Kita tunggu dari kawan-kawan Pemkab, kalau sudah clear lahannya, baru diusulkan untuk pekerjaan tahun berikutnya, “pungkasnya. (met)