Peristiwa

Stok Gula di Bintan Mulai Menipis

Anggota Satgas Pangan Polres Bintan saat mendatangi swalayan dan toko di Kijang, Bintan Timur, beberapa bulan lalu. F.Polsek Bintan Timur untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Ketersediaan bahan pokok menjadi perhatian yang sangat penting di tengah pandemi Covid-19. Terlebih ada beberapa komoditi bahan pokok yang mulai menipis stoknya salah satunya stok gula.

Karena itu, tim Satgas Pangan Bintan melakukan pengecekan ketersediaan gula di tingkat distributor.

Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Agus Hasanudin mengatakan, pihaknya sudah turun ke pelabuhan peti kemas Sei Kolak, Kijang untuk mengawasi pendistribusian gula dari pusat ke daerah, Rabu (22/4) petang.

Pengawasan ini menurut dia, untuk menjamin ketersediaan gula dan menjaga stabilitas harga gula sesuai harga eceran tertinggi (HET) sebagaimana ditetapkan pemerintah dalam Permendak Nomor 7 Tahun 2020 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen.

Agus juga mengatakan, untuk menekan harga gula di pasaran sehingga sesuai HET, maka pihaknya telah menerima laporan dari distributor gula bahwa Bintan telah mendatangkan 20 ton gula pasir.

“Ke depan mereka akan mendatangkan sekitar 150 ton. InshaAllah stok gula di Bintan aman,” katanya.

Namun, dia menegaskan apabila ada pihak yang  menyelewengkan stok gula, baik ditimbun atau lainnya yang dapat menjadikan kelangkaan barang serta merugikan masyarakat.

Agus berjanji, tidak segan menindak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sementara itu, Distributor gula dari PT Prima Bintan Perkasa, Agus mengatakan, pihaknya baru mendatangkan 20 ton gula dan ke depannya sekitar 150 ton gula.

Gula tersebut, kata dia dibeli dari pabrik di daerah penghasil gula yang berada di Cilegon. Dimana, gula yang didatangkan sesuai dengan rekomendasi dari Kementrian Perdagangan.

Tidak sebatas mengecek ke pelabuhan, Tim Satgas Pangan juga mengecek ke gudang sembako di Kijang untuk mengecek stok kebutuhan sembako di Kecamatan Bintan Timur.

Kepada pembeli, Agus juga memgimbau agar jangan berkerumun atau jaga jarak saat belanja dan selalu menggunakan masker. (met)