Metro Bintan

Sepi Penumpang, Speedboat Berangkat Tiap 1,5 Jam

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Klas I Tanjunguban, Fakhrin Riza.F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO PINANG – Speedboat dari Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjunguban ke Pelabuhan Telagapunggur, Batam yang biasanya berangkat setiap 1 jam sekali, kini menjadi setiap 1,5  jam sekali.

Hal ini disebabkan menurunnya jumlah penumpang akibat pandemi Covid-19.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Klas I Tanjunguban, Fachrin Riza mengatakan, keberangkatan speedboat Tanjunguban-Telagapunggur masih normal hanya jam berangkat menjadi setiap 1,5 jam sekali.

“Jumlah penumpang yang berangkat sangat minim. Rata-rata di bawah 10 orang penumpang,” kata dia.

Akan tetapi, kalau jumlah penumpang sudah 15 orang meskipun belum memasuki jadwal keberangkatan speedboat yakni setiap 1,5 jam sekali, maka speedboat tersebut sudah bisa diberangkatkan.

“Kalau kuota penumpang sudah memenuhi, sebelum jam jadwal bisa diberangkatkan,” kata dia.

Dia mengatakan, saat ini ada 8 speedboat yang beroperasi. Sedangkan RoRo dan feri Lagoi-Singapura, kata dia masih menunggu info dari pemerintah pusat.

Sementara Supervisi ASDP Tanjunguban, Astuni mengatakan, sampai saat ini keberangkatan dan kedatangan kapal RoRo masih normal, tidak ada pengurangan jadwal.

“RoRo masih normal, tidak mengurangi jadwal pelayaran,” kata dia.

Pihaknya juga telah melakukan protokol pencegahan Covid-19 mulai melakukan pengecekan suhu tubuh yang dilakukan petugas karantina kesehatan pelabuhan, kemudian menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Bahkan pihaknya melarang penumpang yang tidak menggunakan masker naik ke kapal RoRo.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (met)