Peristiwa

Meteran Listrik Tersambar Petir, Jaringan Telekomunikasi Terganggu

Ilustrasi : Perbaikan jaringan telekomunikasi oleh teknisi. F.Istimewa

PRO BINTAN – Panel saklar dan KWH meteran PLN di Kantor Telkom, Tanjunguban, Bintan tersambar petir saat hujan deras, Kamis (30/4) sekitar pukul 16.35 WIB.

Akibatnya, jaringan indihome dan telkomsel di Pulau Bintan mengalami gangguan.

Manager Area PLN Tanjunguban, Fawzi Anwar membenarkan panel saklar dan KWH meteran PLN yang berada di kantor Telkom di Tanjunguban tersambar petir.

“Sudah kita perbaiki,” kata dia singkat.

Sementara, Supervisor Telkom Tanjunguban, Raja Tarmizi ketika dikonfirmasi, Jumat (1/5) membenarkan.

Dia mengatakan, meteran listrik di Kantor Telkom Tanjunguban tersambar petir.

Akibatnya menganggu kinerja perangkat transmisi Telkom yang membuat jaringan Indihome dan Telkomsel di Pulau Bintan terganggu.

“Tadi malam genset kita tidak bisa di-up sehingga perangkat transimisi bertahan dengan daya batre,” kata dia.

Begitu daya batre perangkat transmisi di Kantor Telkom habis, pada malam itu juga perangkat tak bekerja semestinya.

Namun setelah panel saklar dan KWH meteran PLN diperbaiki, masih ada perangkat belum berhasil di star-up kembali.

Selanjutnya, tim teknis dari Batam datang ke Kantor Telkom Tanjunguban untuk memperbaiki.

“Ya (Kantor Telkom) Tanjunguban ini gerbangnya, kalau gangguan di sini, lainnya juga. Tapi sekarang sudah kembali normal,” kata dia. (met)