Metro Bintan

Sejak Covid-19, Tingkat Kunjungan ke RSUD EHD Tanjunguban Turun

RSUD Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepri. F.Istimewa

PRO BINTAN – Tingkat kunjungan masyarakat berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban menurun.

Humas RSUD EHD Tanjunguban, Iranti membenarkan, sejak mewabah Covid-19 di Indonesia, tingkat kunjungan masyarakat berobat di RSUD EHD Tanjunguban semakin menurun.

Berdasarkan data tingkat kunjungan masyarakat berobat di rumah sakit pelat merah ini pada Januari 2020 sekitar 2.491orang, Februari 2020 sekitar 2.021 orang, Maret 2020 sekitar 1.974 orang dan April 2020 sekitar 1.428 orang.

Pada bulan yang sama di tahun sebelumnya tingkat kunjungan masyarakat berobat di RSUD EHD Tanjunguban yakni Januari 2019 sekitar 2.722 orang, Februari 2019 sekitar 2.345 orang, Maret 2019 sekitar 2.493 orang dan April 2019 sekitar 2.491 orang.

Iranti mengakui, terjadi penurunan tingkat kunjungan masyarakat berobat di RSUD EHD Tanjunguban sejak  Januari 2020, namun penurunan signifikan terjadi pada bulan Maret dan April 2020 jika dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

“Perubahan Januari dan Februari tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun lalu tapi Maret dan April memang jauh berkurang,” kata dia.

Penurunan ini, menurut Iranti, bukan saja karena masyarakat takut berobat ke rumah sakit. Namun,  pihak rumah sakit juga menyarankan masyarakat tidak berobat ke rumah sakit.

“Kalau tidak terlalu urgent berobat, tidak perlu ke rumah sakit,” kata dia.

Dia melanjutkan, untuk pasien yang rawat jalan dan membutuhkan obat rutin setiap bulannya, pihaknya juga sudah mengkondisikan hal ini.

“Jadi pasien bisa mengambil obat ke Puskesmas atau ke Kimia Farma bagi peserta JKN sehingga pasien tidak perlu ke rumah sakit kalau hanya ambil obat saja,” ungkapnya.

Dikatakannya juga operasional poli di rumah sakit juga dibatasi jam pendaftaran. Untuk Senin sampai Kamis dibuka sampai sekitar pukul 11.00 WIB, sedangkan khusus Jumat sampai dengan sekitar pukul 10.00 WIB.

“Poli kandungan sementara ini kita buka pagi saja, sementara praktik poli sore tidak ada lagi,” katanya. (met)