Metro Bintan

Jaksa Didorong Menulis

Kajari Bintan, Sigit Prabowo. F.Dokumen pribadi untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bintan, Sigit Prabowo mengikuti seminar bertajuk “Jaksa jadi Penulis Kenapa Tidak” melalui media video conference.

Seminar online tersebut dipimpin langsung Jaksa Agung, Burhanuddin, Kamis (14/5) siang.

Dalam arahannya, Jaksa Agung, Burhanuddin mendorong jajarannya untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dan melatih diri untuk berpikir dengan alur yang runut dan sistematis.

Rutin menulis, menurut Jaksa Agung, secara tidak langsung akan memacu diri untuk memperbanyak referensi buku bacaan dan selalu cross check atas informasi yang didapatkan.

Jaksa Agung berharap pemikiran yang dituangkan jaksa dalam bentuk opini setidaknya dapat membentuk pola perilaku masyarakat agar tertib dan taat hukum.

Video Conference seminar online bertajuk “Jaksa jadi Penulis, Kenapa Tidak” dipimpin Jaksa Agung Republik Indonesia, Burhanuddin, Kamis (14/5). F.Kejari Bintan untuk Batam Pos.

Seminar ini, Jaksa Agung berharap jajarannya dapat menguasai teknis-teknis dasar secara menyeluruh sehingga informasi dari naskah yang dihasilkan dapat menyampaikan pesan yang mudah dipahami semua lini masyarakat.

Kajari Bintan Sigit Prabowo mengatakan, ini terobosan baru Jaksa Agung dituangkan dalam Surat Edaran Jaksa Agung Nomor 5 Tahun 2020 Tentang penulisan media masa sebagai bentuk dukungan dari institusi.

“Terobosan ini disambut baik karena memberikan kebebasan jaksa untuk mengkritisi dan mengembangkan bakat menulis, tentu tulisan berkaitan penerapan peraturan atau ketentuan terhadap masyarakat dalam kaca mata penegakkan hukum,” menurutnya.

Dia juga berpendapat jaksa penulis tidak perlu lagi khawatir bila mana akan diperiksa Bidang Pengawasan.

“Sepanjang tulisannya masih sesuai norma hukum yang ada,” tutupnya. (met)