Kabar Pemkab

Peresmian Bandara Tambelan Ditunda

Bupati Bintan Apri Sujadi meninjau lokasi bandara Tambelan saat kunjungan kerjanya ke Kecamatan Tambelan tahun lalu. F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN РPeresmian Bandara Tambelan di Kecamatan Tambelan, Bintan dengan rute penerbangan Tanjungpinang-Tambelan  ditunda.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan, Insan Amin menjelaskan, seharusnya peresmian bandara dilakukan triwulan pertama tahun 2020. Akan tetapi kondisi Covid-19 membuat peresmian bandara ditunda.

“Kita tunggu situasi membaik,” kata dia.

Saat ini, Dishub Bintan juga menunggu verifikasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan melakukan kajian.

Insan juga mengatakan, sebelumnya sudah merekrut pegawai untuk ditempatkan di bandara. Pegawai bandara bahkan sudah diberikan pelatihan.

Sementara Bupati Bintan Apri Sujadi menjelaskan, Bandara Tambelan sudah rampung dan siap untuk digunakan pada tahun 2020.

Menurutnya, saat ini prosesnya hanya tinggal menunggu beberapa penyempurnaan regulasi.

“Secara fisik, pembangunannya sudah bisa dioperasikan, tentunya ini sebuah kemajuan bagi Kabupaten Bintan,” ujarnya, Rabu (13/5).

Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.200 meter dan lebarnya 30 meter. Bandara tersebut hanya bisa dilandasi pesawat jenis ATR atau cassa.

“Kita berharap hal ini dapat terealisasi dengan lancar. Karena bandara ini telah menjadi impian masyarakat Tambelan sejak dulu, namun karena Pandemi Corona atau Covid 19 hal ini kita tunda,” tutupnya. (met)