Peristiwa

Uji Swab, 8 Karyawan Pelindo di Bintan Dinyatakan Negatif

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaneni. F.Istimewa

PRO BINTAN – Sebanyak 8 orang karyawan PT Pelindo Tanjungpinang di wilayah kerja Tanjunguban dan Kijang, Kabupaten Bintan dinyatakan negatif berdasarkan hasil uji swab.

“Alhamdulillah, pemeriksaan uji Swab (karyawan Pelindo) semua negatif,” kata Kadis Kesehatan Bintan dr Gama AF Isnaeni, Selasa (19/5).

Gama mengatakan, sampai saat ini sudah 557 orang menjalani rapid test termasuk karyawan Pertamina Tanjunguban dan 8 orang karyawan Pelindo Tanjungpinang yang tinggal di Kabupaten Bintan.

557 orang yang menjalani rapid test terdiri dari 48 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 8 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 54 Orang Tanpa Gejala (OTG), 447 orang skrining. Hasilnya 1 orang PDP reaktif, 13 orang OTG reaktif dan 543 orang non reaktif.

Sementara berdasarkan uji Swab, hingga Selasa (19/5) sekitar pukul 12.00 WIB, Gama menyebut jumlah ODP di Kabupaten Bintan sebanyak 132 orang dengan rincian 131 orang selesai pemantauan, 1 orang dalam proses pemantauan.

Untuk jumlah PDP sebanyak  23 orang dengan rincian 22 orang selesai pengawasan dan 1 orang dalam proses  pengawasan di rumah sakit.

Sejauh ini, masih kata Gama, jumlah PDP meninggal di Kabupaten Bintan sebanyak 4 orang dengan rincian 3 orang meninggal bukan karena Covid-19 melainkan karena penyakit penyerta, dan 1 orang meninggal terkonfirmasi Covid-19.

Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kabupaten Bintan sebanyak 67 orang.

Untuk pemeriksaan uji lab, PDP yang diperiksa sebanyak 23 orang dengan rincian 2 orang positif, 20 orang negatif, 1 orang masih proses lab.

ODP yang diperiksa sebanyak 3 orang rincian 3 negatif. OTG diperiksa sebanyak 20 orang dengan rincian 10 orang negatif, 10 orang masih menunggu proses lab.

Gama mengimbau ke masyarakat tetap waspada terhadap Covid-19. Selain itu, masyarakat diminta mematuhi protokol pencegahan Covid-19 yakni menggunakan masker ketika berada di luar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan dengan handsanitaizer atau sabun serta tidak berkerumun. (met)