Metro Bintan

Dua Hari Jelang Lebaran, Pelabuhan ASDP Tanjunguban Terpantau Sepi

Pantauan kendaraan baru tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Jumat (22/5) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada Minggu (24/5) di tengah pandemi Covid-19, pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan terpantau sepi dan lancar, Jumat (22/5).

Terpantau di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, kantong-kantong antrian kendaraan di pelabuhan baik di lokasi mobil dan sepeda motor terlihat lenggang.

Terpantau juga setiap penumpang yang baru tiba di pelabuhan diminta mengisi formulir dan diberikan kartu berwarna kuning dari petugas. Sedangkan penumpang yang berangkat dari pelabuhan diwajibkan memakai masker dan menjalani pengecekan suhu tubuh.

Supervisi ASDP Tanjunguban, Astuni mengatakan, pelabuhan penyeberangan ASDP Tanjunguban masih terpantau sepi seperti hari biasa.

Dikatakannya, tidak ada peningkatan kendaraan maupun penumpang dua hari menjelang hari raya.

“Rata-rata 10 unit kendaraan,” kata dia.

Sepinya kendaraan dan penumpang disebabkan karena Covid-19, sehingga membuat jumlah kendaraan dan penumpang yang menyeberang turun drastis.

Dia memperkirakan, penurunan tahun ini mencapai lebih kurang 30 sampai dengan 40 persen dibandingkan tahun lalu.

Data diperoleh dari ASDP Tanjunguban, jumlah kendaraan yang menyeberang pada Kamis (21/5), untuk roda dua sebanyak 111 unit, roda empat sebanyak 125 unit dan roda enam sebanyak 29 unit.

Sedangkan kendaraan yang tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban dari Pelabuhan ASDP Telagapunggur, Batam pada Kamis (21/5) untuk kendaraan roda dua sebanyak 219 unit, roda empat 152 unit, roda enam sebanyak 23 unit.

Kamis (21/5) untuk penumpang yang tiba sebanyak 511 orang dan penumpang yang berangkat 261 orang. (met)