Peristiwa

Sebar Hoax Pasien Covid-19 Pulang ke Rumah, Wanita di Sei Lekop Ditangkap

Pelaku membuat video pernyataan terkait hoax yang sudah disebarkan di media sosial usai diamankan polisi. F.Polsek Bintan Timur untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Kepolisian Sektor (Polsek) Bintan Timur menangkap seorang wanita berinisial S, karena menyebarkan berita bohong alias hoax, Rabu (27/5).

Warga Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur ini menyebarkan hoax foto screenshoot pasien terduga positif Covid-19 yang sudah dipulangkan ke rumahnya di Batu 20 Kelurahan Gunung Lengkuas.

Kapolsek Bintan Timur, Kompol Krisna Ramadhani  membenarkan. Pelaku penyebar hoax mendapatkan kabar yang belum benar kepastiannya dari adiknya berinisial R. Kemudian pelaku menyebarkan kabar itu melalui whatapps.

Kabar hoax itu sempat meresahkan masyarakat. Polisi kemudian menangkap pelaku karena sudah menyebarkan hoax.

“Kita amankan dan minta klarifikasi ke yang bersangkutan,” kata dia.

Dia mengatakan, proses hukum terhadap pelaku tidak dilanjutkan, akan tetapi pelaku harus berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Kita juga minta ke yang bersangkutan membuat video klarifikasi,” katanya.

Dengan adanya kasus ini, Krisna meminta masyarakat menjadikan pelajaran dan bijak dalam menggunakan media sosial.

“Hati-hati menggunakan jari saat di media sosial, karena salah-salah akan menjerat diri sendiri,” kata dia.

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama  AF Isnaeni mengatakan, pasien terkonfirmasi Covid-19 yang merupakan lansia  yang merupakan warga Batu 20 Kelurahan Gunung Lengkuas masih dirawat di RSUD Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang. (met)