Metro Bintan

PPDB di Bintan Dibuka 22 Juni hingga 4 Juli

Kadisdik Bintan, Tamsir. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan, Tamsir mengatakan, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK/SD/SMP tahun ajaran 2020/2021 di Kabupaten Bintan dibuka mulai 22 Juni hingga 4 Juli 2020.

“Pendaftaran PPDB tahun ini dibuka selama 13 hari secara online,” kata Tamsir, Jumat (29/5).

Tamsir menjelaskan, pendaftaran secara online mengacu pada protokol kesehatan dan antisipasi penyebaran Covid-19.

Untuk seleksi akan dimulai 6 Juli dan pengumuman dilakukan 7 Juli 2020. Sedangkan pendaftaran ulang dilakukan pada 8 hingga 11 Juli 2020.

“Tahun ajaran baru dimulai 13 Juli,” ujarnya.

Karena sistem online, dia menegaskan, PPDB tidak dibolehkan dengan sistem antrean atau mengumpulkan siswa dan orangtua walimurid di sekolah.

Dijelaskannya, PPDB siswa SD/SMP dilakukan melalui website sekolah yakni http://ppdbbintan.id atau aplikasi play store yakni ppdbbintan.

Sedangkan PPDB siswa TK/PAUD, jelasnya, dapat melalui aplikasi whatapps atau sms.

“Kalau ada siswa dan orangtua walimurid yang kesulitan mendaftar secara online, maka dibolehkan melalui aplikasi whatapps atau sms,” jelasnya.

Kepada pihak sekolah, Tamsir meminta agar menugaskan dua operator yang untuk sekolah yang daya tampungnya minimal 4 rombongan belajar (rombel).

“Sekolah juga saya minta sosialisasikan tata cara PPDB melalui video dan memasang spanduk atau baliho yang disertai nomor kontak operator PPDB selama 10 hari sebelum pendaftaran dibuka,” jelasnya mengakhiri. (met)