Peristiwa

Surat Keterangan Rapid Test Covid-19 Dapat Diperoleh di Puskesmas

Gratis, Syaratnya KTP Bintan

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaneni. F.Istimewa

PRO BINTAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan siap memfasilitasi masyarakat Bintan yang ingin kembali ke luar daerah dalam hal mendapatkan surat keterangan rapid test covid-19.

Kadis Kesehatan Bintan dr Gama AF Isnaeni mengatakan, libur Hari Raya Idul Fitri telah berakhir dan beberapa daerah pun bersiap menerapkan new normal dengan protokol kesehatan.

“Pasti banyak masyarakat kita yang ingin kembali ke luar daerah untuk kembali bekerja atau anak-anak kita yang akan kembali melanjutkan pendidikan di luar daerah,” kata dia.

Dia mengatakan, pemerintah telah menyaratkan bepergian ke luar daerah terutama menggunakan moda transportasi udara harus dapat menunjukkan surat keterangan rapid test covid-19 dengan hasil rapid test negatif.

Oleh karena itu, dia mengatakan, pihaknya siap memfasiltasi masyarakat untuk mendapatkan surat keterangan rapid test covid-19.

“Surat keterangan rapid test Covid dapat diperoleh di puskesmas-puskesmas di Bintan,” kata dia.

Gama juga menegaskan untuk mendapatkan surat keterangan rapid test Covid, masyarakat tidak dikenakan biaya.

“Gratis, syaratnya KTP Bintan,” jelasnya.

Dia juga mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker ketika berada di luar rumah, selalu mencuci tangan dengan sabu dan tidak berkerumun.

Sementara Kepala Puskesmas Teluk Sasah, dr Kurniawan mengatakan, hingga siang tadi belum ada warga yang mengajukan pengurusan surat keterangan rapid test Covid-19.

“Mungkin karena siang tadi baru keluar instruksi pak Kadis,” kata dia.

Dia menjelaskan, surat keterangan rapid test diperlukan warga yang mau bepergian karena sekarang warga yang bepergian ke suatu daerah diminta surat pemeriksaan RDT dengan hasil non reaktif. (met)