Kabar Pemkab

Menpar Optimis Pariwisata Lagoi Bangkit Kembali

Kawasan Wisata Lagoi Siap Terapkan New Normal Protokol Kesehatan

Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Dalmasri Syam, GGM PT BRC Abdul Wahab berdialog dengan Menpar Wishnutama terkait rencana penerapan new normal dengan protokol kesehatan di kawasan wisata Lagoi. Kegiatan berlangsung di Holiday Villa Pantai Indah, Lagoi, Kamis (4/6) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama optimis kawasan wisata Bintan Resort Lagoi, Kabupaten Bintan akan kembali bangkit.

“Kawasan wisata Lagoi dapat bangkit kembali sehingga bisa menerima wisatawan dengan aman dan nyaman,” ungkap Whisnutama dalam video conference yang digelar di Holiday Villa Pantai Indah, Kawasan Wisata Bintan Resor Lagoi, Bintan, Kamis (4/6) siang.

Dalam video conference hadir Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dan GGM PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab dan pelaku usaha di kawasan wisata Lagoi.

Wishutama mengatakan, Kemenpar terus berusaha mencari peluang bagaimana sektor pariwisata di Indonesia bisa lebih baik di situasi pandemi Covid-19.

Beberapa daerah di Indonesia ditetapkan sebagai pilot project dan akan menjadi percontohan penerapan new normal, salah satunya kawasan wisata Lagoi di Kabupaten Bintan.

Menyongsong penerapan new normal di kawasan wisata Lagoi, Wisnutama mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan aturan dan protokol kesehatan yang akan diterapkan selama masa pemberlakuan new normal.

“Bagaimana kita mengedukasi penerapan protokol kesehatan itu sendiri, harus juga melakukan simulasi dengan baik. Bagaimana kita terus melakukan evaluasi dan sangat disiplin,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, kesiapan pelaku pariwisata di kawasan wisata Lagoi juga sangat penting sehingga langkah menuju new normal menjadi lebih baik.

“Kalau program penanganan Covid-19 di Bintan, menurut kami sangat baik,” pujinya.

GGM PT BRC Abdul Wahab mengatakan, Bintan Resort siap menerima wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kita juga ada tim gugus tugas, namanya Task Force yang menyelenggarakan  protokol penanganan Covid19 di kawasan,” katanya.

Bila dibenarkan buka dengan kondisi new normal dan protokol kesehatan, maka dia berharap wisatawan lokal yang berasal dari zona hijau dapat berwisata ke Bintan.

“Bintan salah satu daerah yang destinasinya akan dibuka selain Bali, namun Bintan merupakan daerah yang lebih siap,” ujarnya.

Dia juga berharap dibukanya akses wisatawan Singapura karena berdasarkan data tahun lalu wisatawan Singapura menyumbang 28 persen kunjungan dari 1 juta kunjungan ke Bintan.

“Banyak warga Singapura yang ingin berlibur ke Bintan, karena mereka sudah penat duduk di rumah, mereka ingin wisata, golf dan bersepeda di Bintan,” kata dia.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, dirinya sudah meninjau persiapan new normal di kawasan wisata Lagoi.

“Kita sudah tinjau pelahuhan, tempat isolasi karyawan yang berhadapan langsung dengan tamu. Kawasan ini kesiapannya sangat matang dan luar biasa,” katanya.

Dia mengatakan, pengecekan kesiapan ini bermula dari komunikasi dengan Kemenpar.

“Kita dihubungi pak menteri beberapa waktu lalu, ada beberapa daerah wisata yang akan dibuka dengan penerapan new normal. Dan sebenarnya di antara beberapa daerah itu, Bintan yang siap,” kata dia.

Kegiatan diakhiri penandatanganan kesiapan pelaku usaha di kawasan wisata Lagoi mendukung penerapan new normal dengan protokol kesehatan. (met)