Metro Bintan

Berharap Pekerjaan Oprit Jembatan Kangboi Tak Tutup Dua Jalur

Kadishub Bintan, Moch Insan Amin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Hingga saat ini, rencana penutupan akses jalan terkait rencana pekerjaan perbaikan oprit Jembatan Kangboi, jalan raya Lintas Barat oleh Satker Pelaksana Jalan Nasional belum dimulai.

“Belum, masih diundur kemungkinan 1 bulan lagi baru mulai dikerjakan karena informasinya alat-alatnya belum tiba,” kata Kadis Perhubungan Bintan, Moch Insan Amin, Kamis (4/6).

Dia mengharapkan, pekerjaan perbaikan oprit Jembatan Kangboi tidak menutup dua jalur. Pasalnya, jembatan Kangboi merupakan akses tercepat untuk ke pusat pemerintahan Bintan Buyu.

“Jembatan Kangboi dapat memperpendek rentang kendali jarak dari Ibu Kota Kepri ke Pusat Pemerintahan Pemkab Bintan,” kata dia.

Dia berharap, pekerjaan sisi jembatan bisa dilakukan secara bergantian sehingga tidak menutup dua jalur sekaligus.

“Sudah kita sampaikan hal itu ke Satker PJN, setidaknya sistem buka tutup, kalau satu jalur dikerjakan, jalur lainnya dibuka, namun teknisnya tidak bisa,” katanya.

Karena tidak bisa diberlakukan sistem buka tutup, Insan mengimbau masyarakat untuk menggunakan jalur lama sebagai jalan alternatif.

“Kalau dari arah Lintas Barat atau Tanjunguban mau ke Tanjungpinang dapat melalui Siantan terus tembus ke Lome,” kata dia.

Sementara dari arah Tanjungpinang ke Tanjunguban, kata dia,  jalan alternatifnya ke Jalan Lama lewat Cikolek.

Diberitakan sebelumnya, awalnya Satker PJN Provinsi Kepri telah memasang spanduk pengumuman penutupan akses jalan karena ada perbaikan oprit Jembatan Kangboi mulai 1 Juni sampai 10 November 2020. (met)