Kabar Pemkab

Kawasan BIE Lobam Siap Terapkan New Normal

Dapat Menjadi Pioner Percontohan Nasional

Bupati Bintan Apri Sujadi dan GM PT BIIE Aditya Laksamana meninjau ke PT ESCO, salah satu tenant di kawasan BIE Lobam yang dipercaya memproduksi alat kesehatan, Kamis (4/6) pagi. F.Setia untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) Lobam, Bintan menyatakan kesiapan penerapan new normal protokol kesehatan.

“Kita siap terlebih kawasan BIE sampai saat ini masih zona hijau,” ujar GM PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) pengelola kawasan BIE, Lobam, Aditya Laksamana.

Dia mengatakan, BIE dapat menjadi pionir percontohan Nasional dalam penerapan new normal di sektor Kawasan Industri.

Di tengah pandemi saat ini, menurutnya penerapan new normal dengan protokol kesehatan harus diterapkan untuk keberlangsungan dunia usaha selain untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri jangka panjang.

“Karenanya kami selama ini sangat hati-hati dan cermat dalam melakukan persiapan¬† new normal,” kata dia.

Dia juga berterimakasih atas kunjungan Bupati Bintan, Apri Sujadi beserta rombongan yang sudah meninjau langsung persiapan new normal di kawasan BIE Lobam, Kamis (4/6).

“Kemarin kita mendapatkan kehormatan dengan kedatangan Bupati yang meninjau langsung kesiapan penerapan new normal di BIE,” ujarnya.

Dalam kunjungan, Bupati meninjau kawasan BIE untuk memastikan kesanggupan pengelola dalam melaksanakan fase new normal.

Bupati dan rombongan melihat produksi alat tes swab di PT ESCO, salah satu tenant di Kawasan BIE yang mendapat kepercayaan memproduksi alat kesehatan.

Bahkan, perusahaan itu telah melakukan ekspansi penambahan gedung serta tenaga kerja untuk mempersiapkan pelaksanaannya.

Selain itu, Aditya juga menyampaikan, PT BIIE sangat mendukung kebijakan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan sejak dini, melakukan sosialisasi ke tenant hingga menerapkan izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) untuk menjaga agar Kawasan BIE tetap aman dari transmisi Covid-19.

Beberapa kegiatan telah diaksanakan sebagai upaya melawan Covid-19. Diantaranya membentuk Crisis Management Center dan Gugus Tugas Covid-19 Kawasan yang beranggotakan perwakilan tenant, kawasan BIE juga menerapkan prosedur pencegahan transmisi Covid-19 sesuai ketentuan pemerintah dan menjalin kerja sama dengan tenant, Dinas Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, instansi terkait lainnya untuk meningkatkan koordinasi.

Tidak hanya itu, PT BIIE juga menginisiasi dan membuat program BIE peduli dengan melakukan donasi bersama tenant berupa APD untuk tenaga medis dan bantuan sembako untuk komunitas terdampak Covid-19.

“Sudah kewajiban dan tanggung jawab kita dalam membantu bagaimana kawasan dapat beraktivitas tanpa terganggu dan meyakinkan pelaku usaha industri serta calon investor untuk mendapatkan pelayanan jasa sesuai harapan,” ujarnya.

Dalam kesempatan kunjungan Bupati, PT BIIE dan para tenant di kawasan BIE berkomitmen mendukungan Pemerintah Kabupaten Bintan dan Gugus Tugas Covid-19 dalam pelaksanaan new normal kawasan sehingga tidak ada kendala.

“Kita berdoa bersama agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan penerapan New Normal berjalan tanpa kendala sehingga BIE dapat berkontribusi bagi masyarakat Bintan dengan menyediakan lebih banyak lapangan kerja,” harapnya. (met)