Pariwisata

Tata Cara Menyambut Turis Disimulasikan

Jelang New Normal di Kawasan Wisata Lagoi

Pengecekan di pintu masuk Pelabuhan BBT, Lagoi saat simulasi penerapan new normal di kawasan wisata Lagoi, Bintan, Sabtu (6/6). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Kepolisian Resor Bintan melakukan simulasi penerapan new normal di lima titik di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan, Sabtu (6/6).

Lima titik ialah Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, Dormitory Karantina di DOM 701 Lagoi, Pos 1 pintu masuk Lagoi, Plaza Lagoi Bay dan Villa Bintan Lagoon.

Simulasi ini disaksikan Wakapolda Kepri Brigjen Pol Darmawan bersama rombongan.

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono menyampaikan, simulasi ini mengedukasi masyarakat baik turis maupun karyawan yang langsung berhadapan dengan turis bagaimana tata cara penyambutan atau penerimaan turis dengan senyum, sapa dan salam tanpa bersentuhan tangan.

Lanjutnya, bagaimana pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermogun dan sosialisasi dengan penyampaian penjelasan mengenai protokol kesehatan dalam mencegah penularan penyebaran Covid-19.

Dia menjelaskan, new normal merupakan tatanan kehidupan baru bagaimana masyarakat beraktivitas di tengah pandemi Covid-19.

Dari penerapan new normal, dia berharap masyarakat dapat menegakkan disiplin yang tinggi dalam aktivitas sehari-hari.

“Protokol kesehatan harus dipatuhi,” kata dia.

Tak bosan, dia mengingatkan masyarakat tetap diam di rumah bila tidak mendesak, selalu memakai masker bila keluar rumah, tetap menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

“Hindari dari kerumunan dan meminimalisir semaksimal mungkin sentuhan atau salaman langsung tangan terhadap objek atau benda di sekitarnya dalam upaya mencegah penularan penyebaran Covid-19,” tutupnya. (met)