Politik

KPU Bintan Minta Tambah Anggaran Rp 4,8 M

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay. F.Dokumen Pribadi untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay mengatakan, KPU Bintan telah mengusulkan penambahan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bintan dijadwalkan Desember 2020.

“Kita usulkan penambahan anggaran Rp 4,8 miliar,” kata Haris.

Haris menjelaskan, sebenarnya kebutuhan penambahan anggaran sekitar Rp 6,1 miliar. Namun setelah dirasionalisasi menjadi Rp 4,8 miliar.

“Kita rasionalisasi anggaran sekitar Rp 1,3 miliar,” jelasnya.

Dia menjelaskan, usulan penambahan anggaran itu sudah termasuk kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi penyelenggara hingga ke tingkat TPS.

“Kita ingin jajaran penyelenggara aman dan nyaman dalam menjalankan tugasnya di tengah pandemi Covid19 saat ini,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan penambahan 34 TPS dari 318 TPS menjadi 352 TPS di Kabupaten Bintan.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Karena menurutnya, 1 TPS yang lama sebelum ada Covid-19 rata-rata sekitar 800 orang pemilih, kalau dengan adanya pandemi, pihaknya memperkirakan sekitar 500 orang pemilih dalam 1 TPS.

“Kita juga masih menunggu tata cara pelaksanaan tahapan pilkada di tengah pandemi Covid dari KPU Pusat dan kita juga akan berkoordinasi dengan Dinkes agar pelaksanaan Pilkada mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya mengakhiri. (met)