Peristiwa

436 TKI Dipulangkan Lewat Pelabuhan Kijang

Para TKI yang dipulangkan lewat Pelabuhan Sri Bayinyan, Kijang, Rabu (10/6) malam. F.Polsek Bintan Timur untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – 436 tenaga kerja Indonesia (TKI) deportasi dari Malaysia dipulangkan ke sejumlah daerah asal dengan KM Kelud bertolak dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Bintan Timur tujuan Pelabuhan Tanjungperiok, Jakarta, Rabu (10/6) malam.

“Ya sebelumnya mereka ditampung di RPTC, Senggarang Tanjungpinang,” kata Kapolsek Bintan Timur Kompol Krisna Ramadhani, Kamis (11/6).

Para TKI ini dideportasi dari Malaysia dan tiba di penampungan di Senggarang, Tanjungpinang pada 4 Mei 2020. Selanjutnya mereka menjalani karantina selama 14 hari.

“Sudah menjalani uji rapid test, semua non reaktif,” kata dia.

Dia mengatakan, 436 TKI yang dipulangkan ke daerah asal terdiri dari 217 orang laki-laki dan 219 orang perempuan.

“Tidak ada penumpang umum atau barang naik maupun turun kapal,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, sebenarnya jumlah penumpang berangkat sebanyak 438 orang. Namun, 2 orang membatalkan keberangkatan.

“Pasangan suami istri. Istrinya sedang hamil jadi suaminya¬† membatalkan keberangkatan sampai persalinan istrinya,” kata dia.

Sementara Kepala KSOP Kijang, Aan Anwar mengatakan, pihaknya telah melalukan protokol kesehatan terhadap para TKI yang akan menaiki kapal.

“Sebelum naik ke kapal para TKI dicek suhu tubuh sesuai protokol kesehatan,” ujarnya. (met)