Kabar Pemkab

Pemkab Rancang Skema Aturan Belajar di Sekolah

Bupati Bintan Apri Sujadi memimpin rapat di Kantor Bapelitbang Bintan di Tanjungpinang, Jumat (12/6). F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan merancang skema aturan standar operasional prosedur untuk siswa yang belajar di sekolah.

Hal ini akan dilakukan apabila pemerintah pusat mengharuskan siswa belajar di sekolah saat pandemi covid-19.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, dunia pendidikan harus menyesuaikan dan beradaptasi dengan penerapan pola hidup baru.

“Aturan skema SOP protokol kesehatan harus dirancang sekiranya anak-anak beraktivitas di sekolah seperti saat sebelumnya,” katanya saat memimpin rapat di Kantor Bapelitbang Bintan, Jumat (12/6).

Skema yang harus diperhatikan menurutnya, terkait kelayakan sarana dan prasarana proses belajar mengajar dengan memenuhi standar protokol kesehatan.

Diantaranya ruang kelas yang memenuhi standar physical distancing, ruang karantina atau isolasi mandiri, asrama, penggunaan masker, wastafel portable, hand sanityzer, dan MCK yang sesuai protokol kesehatan.

Selain siswa SD/MI dan SMP/Mts, dia juga mengambil perhatian atas aktivitas pondok pesantren di Bintan.

“Bintan memiliki banyak Pondok Pesantren, jadi perlu kita pikirkan bersama teknis pelaksanaan belajar mengajar baik di sekolah maupun di pondok pesantren saat pola hidup baru dijalankan,” pintanya.

Beberapa hal wajib dilakukan dimulai setiap santri baru atau lama wajib melakukan protokol kesehatan seperti cuci tangan, pemakaian masker, menjaga jarak, tidak boleh bersalaman dengan pengasuh, dan lainnya.

“Ada perbedaan mekanisme tekhnis SOP dalam penerapannya. Namun ini harus kita buat dan kita rembug bersama untuk nanti kita bisa menjalankannya,” tutupnya. (met)