Peristiwa

200 Warga di Tambelan Diuji Rapid Test

Ilustrasi. F.Dery Ridwansah / JawaPos.com

PRO BINTAN – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, pihaknya telah melaksanakan uji rapid tes terhadap lebih kurang 200 orang warga di Kecamatan Tambelan.

Hal ini menyusul ditemukan dua warga di Kecamatan Tambelan terkonfirmasi positif Covid-19. Dimana, 1 orang pria yang bertugas di Kecamatan Tambelan dan dirawat di rumah sakit di Tanjungpinang. Sedangkan 1 lainnya merupakan perempuan warga Tambelan dirawat di Kalimantan Barat.

Dari uji rapid tes yang dilakukan secara massa, ia menyebut, terdapat 1 orang warga Tambelan yang dinyatakan reaktif dan ditetapkan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pihaknya, lanjut Gama, sudah meminta agar warga tersebut melakukan karantina mandiri di rumah.

“Kita minta karantina mandiri di rumahnya sendiri karena alasan keterbatasan transportasi dari Tambelan ke Tanjungpinang,” kata dia.

Selain itu, dia mengatakan, pihaknya sudah meminta ke pihak puskesmas untuk melakukan rapid tes kedua.

“Kalau hasilnya tetap reaktif, maka akan dievakuasi ke rumah sakit di Tanjungpinang. Di Pinang nanti akan di swab,” ujarnya.

Tidak bosan, Gama mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan rutin berolahraga.

“Jangan lupa pakai masker saat beraktivitas di luar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir baik sebelum dan sesudah aktivitas dan menjaga jarak,” ujarnya. (met)