Peristiwa

Belasan Orang Jalani Tes Swab di RSUD EHD Tanjunguban

Keluarga dan Warga Erat Kontak dengan Pasien Covid-19

Suasana di RSUD EHD Tanjunguban saat tes swab terhadap keluarga dan masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, Senin (22/6). F.RSUD EHD Tanjunguban untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Belasan orang terdiri dari anggota keluarga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan masyarakat kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Tanjunguban menjalani swab tes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban, Bintan pada Senin (22/6) pagi.

Hal ini dibenarkan Kabid Pelayanan Medik (Yanmed) RSUD EHD Tanjunguban, Taufiqurahman.

“Benar, mereka datang tepat waktu dan kita lakukan sesuai protokol kesehatan,” kata pria akrab disapa Taufik.

Setiba di rumah sakit, satu per satu keluarga dan masyarakat yang sempat kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 discreening dengan alat suhu badan.

“Kondisinya mereka baik-baik, tidak ditemukan gejala baik batuk atau flu, dan mereka masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” ujarnya.

Sebelum ini, ia menjelaskan, anggota keluarga dari 4 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 telah menjalani uji rapid test di Puskesmas Tanjunguban.

“Hari ini mereka tes swab saja,” kata Taufik.

Sebelum menjalani tes swab, ia mengatakan, protokol kesehatan tetap ditegakkan misalnya  menggunakan masker dan duduk berjarak.

“Duduk diatur berjarak. Kemudian mereka pun dipanggil sesuai antrian serta masuk ke ruang isolasi bergantian, dua orang saja yang boleh masuk,” jelasnya.

Dia menjelaskan, selama tes swab kondisi ruangan isolasi di bawah tekanan minus dan bila mana terdapat virus tidak sampai terjadi penyebaran ke luar ruang.

“Aman, tidak sampai ke luar,” kata dia.

Kemudian, usai tes swab, ia mengatakan, hasilnya dilaporkan ke Dinas Kesehatan sebagai Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bintan.

“Sampel yang diambil akan dibawa Dinas ke BTKLPP Batam,” ujarnya.

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, jumlah yang mengikuti tes swab sebanyak 15 orang. Demikian juga yang mengikuti rapid tes sebanyak 15 orang.

Hasil dari uji rapid test, semuanya non reaktif. Sedangkan hasil dari tes swab masih menunggu dari BTKLPP Batam.

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Bintan mendapat penambahan 4 kasus positif Covid-19 dimana tiga pasien merupakan keluarga terdiri suami istri dan anaknya berusia 9 tahun. Kemudian seorang pendatang dari Palembang yang akan ke Singapura namun singgah ke keluarganya dan sempat salat Jum’at berjemaah di Masjid At Taqwa Tanjunguban.

Total kasus covid-19 di Kabupaten Bintan menjadi 8 kasus Covid-19 dengan rincian, 1 pasien meninggal, 2 pasien sembuh, 4 pasien dikarantina dan 1 pasien dirawat. (met)