Peristiwa

Kontak Erat Pasien Covid, 30 Warga Bintan Tes Swab

Tim medis melakukan pengambilan sampel saat pemeriksaan tes swab terhadap 30 orang warga Bintan yang berlangsung di dua rumah sakit di Bintan, Rabu (24/6). F.Dinkes Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bintan melakukan tes swab terhadap 30 orang warga Bintan di dua lokasi terpisah, Rabu (24/6).

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, tes swab dilakukan di RSUD Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban dan RSUD Bintan di Kijang.

“Ya, hari ini kita lakukan swab di dua rumah sakit,” ujarnya.

Dia mengatakan, 30 orang warga yang dites swab memiliki kontak erat dengan 4 pasien kasus baru positif covid-19 baik dari keluarga karyawan Pertamina Tanjunguban dan dari pendatang asal Pelembang yang sempat singgah ke rumah keluarganya di Tanjunguban dan sempat melaksanakan salat Jum’at berjemaah di Masjid At Taqwa Tanjunguban.

Setelah diswab, sampelnya akan dicek di laboratorium. Dia berharap, tidak terjadi penularan terhadap 30 orang yang telah menjalani tes swab.

“Ya semoga tidak ¬†menular,” kata dia.

Sebelumnya 30 orang ini telah menjalani rapid test di beberapa lokasi terpisah. Gama juga mengatakan, hasil swab 15 orang yang lebih dulu menjalani tes swab belum keluar.

“Ya masih menunggu,” kata dia.

Tidak lupa ia mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan jaga jarak.

Berdasarkan data dari Dinkes Bintan, perkembangan Covid-19 per 24 Juni hingga pukul 12.00 WIB yakni jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 148 orang dengan rincian 143 orang selesai pemantauan, 5 orang dalam proses pemantauan.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 35 orang dengan rincian 32 orang selesai pengawasan,  3 orang proses pengawasan di rumah sakit.

PDP meninggal 6 orang dengan rincian 5 orang meninggal karena penyakit penyerta atau bukan Covid-19 dan 1 terkonfirmasi Covid-19.

Kemudian Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 201 orang, 146 orang selesai pemantauan, 55 orang dalam proses pemantauan.

Hingga saat ini di Bintan terdapat 8 orang positif covid-19 dengan rincian 2 orang positif sembuh, 1 orang  positif dirawat, 4 orang positif dikarantina dan 1 orang positif meninggal.

Untuk hasil lab negatif Covid dengan rincian 30 orang PDP, 5 orang ODP dan 59 orang OTG.

Dan pemeriksaan rapid test antibody sebanyak 1489 orang dengan rincian 52 orang ODP, 7 orang PDP, 90 orang OTG, 1340 orang skrining. Hasilnya reaktif 2 orang PDP, 22 orang OTG, 2 orang ODP dan 1.463 orang non reaktif. (met)