Peristiwa

Seminggu Kedepan Tanjungpinang-Bintan Diguyur Hujan

Curah Hujan Potensi Meningkat

Langit terlihat berwarna kelabu saat hujan seharian yang menguyur merata di Tanjunguban dan sekitarnya, Rabu (24/6) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi curah hujan di wilayah Tanjungpinang dan Bintan berpotensi meningkat.

Hal ini disampaikan oleh prakirawan BMKG Tanjungpinang, Ardhito.

Ardhito mengatakan, untuk Juni secara klimatologis hujan akan sering turun. Bahkan diprediksi hujan masih berpeluang terjadi sampai satu minggu ke depan.

Juli ini, Ardhito menjelaskan, berdasarkan klimatologis curah hujan agak berkurang. Disinggung meningkatnya curah hujan karena hujan buatan di Batam?

“Kemungkinan ada pengaruh atau tidaknya sedang kita teliti lebih lanjut,” kata dia.

Ardhito mengimbau agar masyarakat selalu tetap waspada terhadap curah hujan yang meningkat.

“Yang mengendarai kendaraan selalu berhati-hati di jalan,” kata dia.

Sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, Ardhito mengimbau untuk selalu memonitor dan membersihkan drainase di sekitar tempat tinggalnya.

Selain itu, Ardhito menyampaikan, ketinggian gelombang di perairan Tanjungpinang dan Bintan masih kondusif yakni maksimal mencapai 1,2 meter.

Kecuali di perairan Anambas dan Natuna dapat mencapai maksimum 3 meter. Untuk perairan Batam, Karimun, dan Lingga maksimal mencapai 1 meter. (met)