Peristiwa

Ratusan Rumah di Tanjunguban Dicek Jentik Nyamuk DBD

Bubuk abate ditebar di wadah air sebelumnya juga wadah penampungan air warga di Kampung Sekera Tanjunguban diperiksa apakah terdapat jentik nyamuknya, Minggu (28/6). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Ratusan rumah di Kampung Sekera, Kelurahan Tanjunguban Utara Kecamatan Bintan Utara mendapat pemeriksaan jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD) yang digelar, Minggu (28/6) siang.

Kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Idul Adha ini digelar Pemuda Pancasila Bintan Utara  bekerjasama dengan Komunitas Briker Subuhan Bintan dan Puskesmas Tanjunguban.

“Ini kegiatan ranting dibawah ketua Fadly,” ujar Ketua PAC Pemuda Pancasila Bintan Utara, Miswanto.

Kegiatan diawali membersihkan makam dan Masjid Jama’nurul Amin di Kampung Sekera. Kemudian penyemprotan disinfektan di rumah ibadah.

Tidak hanya itu, ia mengatakan, pihaknya bersama Puskesmas Tanjunguban dan Komunitas Briker Subuhan Bintan serta pemuda dan warga setempat membagikan bubuk abate ke masyarakat.

“Tadi kita juga melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di rumah warga. Ada sekitar 270 KK,” ujarnya.

Dia berharap di tengah pandemi ini, kasus DBD di Tanjunguban tidak ikut meningkat. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan rumahnya.

“Kita berharap semangat bahu membahu dan gotong royong terus ada. Sehingga membuat kita (PP) dapat menjaga keharmonisan dan lebih dekat dengan masyarakt,” ujarnya.

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, kasus DBD di Tanjunguban hingga 10 Juni 2020 sudah 21 kasus. Dia berharap masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air dan mengubur apabila ada wadah yang tidak berguna karena dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk DBD. (met)