Metro Bintan

Dorong Tiap Desa Punya Sistem Pengelolaan Sampah

Bintan Island Project Diluncurkan

Rapat virtual yang digelar Tim WCD Kepri, menghasilkan lima ide pilihan terkait penanganan permasalahan sampah. F.Tim WCD Kepri untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Tim WCD Kepulauan Riau (Kepri) bekerjasama Let’s Do It (LDI) Indonesia, Citizen OS, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dan Ministry of Waste meluncurkan program Bintan Island Project yang dimulai tahun 2020.

Sekretaris WCD Kepri, Renald Yude sekaligus Koordinator Bintan Island Project mengatakan, program ini merupakan lanjutan dari aksi cleanup tahunan.

Bintan Island Project adalah satu diantara 34 Islands Project yang melibatkan masyarakat lokal dalam mendiskusikan permasalahan sampah di pulau.

Seperti diskusi yang digelar virtual belum lama ini, ia menyebut telah menghasilkan lima ide pilihan yang akan direkomendasikan dan diimplimentasikan bersama dengan pemerintah dan jaringan partner.

Adapun 5 ide pilihan yang direkomendasikan dari Bintan Island Project yaitu program edukasi untuk pemilahan sampah, pengimplementasian peraturan pemerintah yang lebih serius, one village one program untuk penanganan sampah yang dimulai dari semua desa di Bintan, kerja sama dengan stakeholders dalam rangka membangun sistem serta fasilitas pengelolaan sampah, menyediakan fasilitas sampah serta lahan TPA yang memadai.

“Ide-ide ini akan berjalan dengan baik jika pemerintah dan seluruh stakeholders jalan bersama. Ini mimpi kita bersama untuk mewujudkan sistem pengelolaan dan penangan sampah yang lebih baik,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan teknis pelaksanaan untuk implementasi ide-ide tersebut. Terutama one village one program untuk mendorong semua desa di Bintan harus punya sistem pengelolaan sampah di desa.

“Dan itu akan dibantu dengan keseriusan pemerintah nantinya dalam peraturan-peraturan. Kami akan membantu dalam proses implementasi itu sendiri termasuk sosialisasi,” tambahnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Kabupaten Bintan, Asri menyambut baik semua ide tersebut dan mendukung penuh ide-ide yang dihasilkan.

“Kami berterima kasih pada tim WCD dan semuanya yang telah membantu penanganan sampah di Bintan,” katanya.

Ide tersebut, menurutnya akan segera didiskusikan dengan Bupati Bintan untuk ditindaklanjuti.

“Kita akan tindaklanjuti untuk implementasi ide-ide rekomendasi ini bersama dengan stakeholders lainnya”, ujar Asri. (met)