Peristiwa

Pembeli dan Pedagang Banyak Tak Pakai Masker

Tampak salah seorang pengunjung yang tidak memakai masker saat dicek suhu di Pasar Baru, Tanjunguban, Rabu (1/7). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Sejumlah warga menyesalkan masih ada pedagang dan pembeli di pasar tradisional, Pasar Baru yang ada di Tanjunguban tidak mematuhi protokol kesehatan.

Warga Tanjunguban yang juga Ketua PAC Pemuda Pancasila Bintan Utara, Miswanto mengatakan nyaris setiap hari tim gugus percepatan penanganan covid-19 melakukan sosialisasi agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Tiap hari kami juga turun ke pasar untuk membantu tim gugus memberikan imbauan ke masyarakat,” katanya.

Namun, ia menyesali karena masih ada pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak selama beraktivitas di luar rumah.

Kendati sudah memasuki tatanan kehidupan baru, dimana masyarakat boleh melakukan aktivitas di luar rumah. Namun, menurutnya, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi.

“Tidak bisa ditawar-tawar yang namanya memakai masker di luar rumah,” katanya.

Padahal dengan menggunakan masker dan menjaga jarak selama di pasar, menurutnya, dapat mengurangi risiko penularan covid-19.

“Kita tidak tahu orang yang kita temui di pasar apakah membawa virus atau tidak. Untuk berjaga-jaga, pakailah masker, “imbuhnya.

Dari beberapa pedagang dan pembeli saat ditanya alasan tidak memakai masker, mereka beralasan tidak memiliki masker.

Padahal, pihak kelurahan sudah membagikan masker gratis sejak dua bulan lalu.

“Alasan lainnya dari pedagang dan pembeli yang tidak memakai masker karena gerah, tidak nyaman memakai masker,” ujarnya.

Tim gugus tugas juga telah menyediakan tempat cuci tangan. “Sebelum dan sesudah belanja alangkah baiknya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” imbuhnya.

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Bintan Utara, Firman Setiawan yang merupakan Camat Bintan Utara mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti hal ini dan berkoordinasi dengan tim gugus kelurahan untuk kembali mengingatkan pengelola pasar danmeneruskan imbauan ke pedagang dan pembeli agar memakai masker selama berada di pasar.

“Kita sebenarnya sudah memasang imbauan spanduk agar pedagang dan pembeli sama-sama menggunakan masker dan menjaga jarak, “kata dia.

Termasuk imbauan agar pembeli agar tidak membawa anak-anak di bawah umur karena anak-anak dan usia lanjut rental tertular covid-19.

“Tapi semua memang perlu kesadaran dari kita masing-masing, “kata dia.

Disinggung soal sanksi, pihaknya masih menunggu arahan dan kebijakan lebih lanjut. (met)