Peristiwa

Saksi Pembakaran Kapal di Tambelan Takut Dipanggil Polisi

Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Agus Hasanudin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Penyidik Satreskrim Polres Bintan masih melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi kasus pembakaran kapal KM Harapan Jaya I terjadi Kamis (2/4) lalu.

“Sudah beberapa orang saksi diperiksa, untuk tersangka sudah ada gambaran,” ujar Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Agus Hasanudin di Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjunguban, Kamis (2/7).

Dia mengatakan, masih ada beberapa orang saksi yang berdomisili di Tambelan belum datang memenuhi panggilan karena takut.

“Takut dipanggil polisi, di pikiran mereka kalau sudah diperiksa tidak balik ke rumah, padahal tidak,” ujarnya.

Saking takutnya, salah satu istri dari saksi ada yang meminta jaminan kalau suaminya setelah diperiksa akan kembali ke rumah.

“Sampai kita buatkan surat perjanjian bermaterai, kalau suaminya bakal pulang ke Tambelan setelah diperiksa,” ujar Agus.

Padahal, setiba di Polres, salah seorang saksi yang awalnya takut diperiksa justru sempat foto bareng dengan Kapolres.

“Saya ajak ketemu Kapolres, foto bareng Kapolres. Malah pulangnya saya bawakan air kaleng,” ujarnya.

Dia berharap beberapa saksi yang belum datang memenuhi panggilan penyidik agar segera datang supaya kasus ini segera terungkap.

Diberitakan, kejadian bermula saat kapal KM Harapan Jaya I diduga menangkap ikan di perairan tradisional nelayan Tambelan. Hal iniĀ  membuat beberapa orang nelayan kesal sampai mengamankan kapal.

Ternyata kejadian ini menyulut emosi sekelompok massa lalu membakar kapal. (met)