Metro Bintan

Garap Lahan, Polres Bintan Panen Lele

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono panen lele di kolam yang ada di lahan Mapolres Bintan, Kamis (9/7) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Sejak pandemi covid-19, personel kepolisian di Bintan mengarap lahan di Mapolres Bintan yang berada di Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan. Lahan itu diolah menjadi lahan pertanian dan perikanan produktif.

“Ya untuk memperkuat ketahanan pangan di Bintan,” ujar Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono usai panen lebih kurang 1 ton ikan lele dan jagung di lahan garapan Polres Bintan, Kamis (9/7) siang.

Kapolres menyebut, usaha tidak memungkiri hasil. Hasil dari mengarap lahan beberapa bulan lalu dimulai menanam bibit jagung dan menabur benih ikan lele dapat dinikmati hasilnya sekarang.

“Hasilnya langsung kita nikmati dan kita bagikan ke masyarakat,” ujarnya.

Bambang mengatakan, ketahanan pangan harus terus digalakkan baik personel kepolisian, TNI, dan masyarakat di tengah situasi pandemi covid-19 agar ketersediaan bahan kebutuhan terjaga dan tersedia.

“Hari ini juga kita tabur 3 ribu benih lele dan 3 ribu benih nila, serta tanam bibit jagung agar ke depan bisa dipanen kembali untuk memperkuat ketahanan pangan di Bintan,”ungkapnya.

Kapolres juga mengajak masyarakat berlomba-lomba menciptakan kampung tangguh.

“Bintan sudah 15 kampung tangguh, 4 kelurahan 11 desa. Ke depan, saya harapkan seluruh Bintan akan membentuk kampung tangguh nusantara dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, Khairul mengatakan pihaknya juga mengembangkan lahan pertanian padi dan perkebunan dengan luas masing-masing 20 hektare (Ha).

“Lahan pertanian padi difokuskan di Poyotomo,” ujarnya. (met)