Metro Bintan

Terapkan Layanan Easy Paspor, Imigrasi Tanjunguban Siap Jemput Bola

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Klas II TPI Tanjunguban, Oddy Permana. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Kantor Imigrasi Klas II TPI Tanjunguban menghadirkan inovasi baru dalam bidang pelayanan di tengah pandemi covid-19. Salah satunya menerapkan pelayanan easy paspor.

“Layanan jemput bola untuk masyarakat yang ingin membuat paspor tanpa harus ke kantor Imigrasi,” ujar Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Klas II TPI Tanjunguban, Oddy Permana.

Ia menjelaskan, program easy paspor adalah pelayanan yang digagas Direktorat Jenderal Imigrasi dalam rangka tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang ingin membuat paspor di tengah pandemi covid-19.

Layanan easy paspor menjangkau karyawan perkantoran, pegawai instansi pemerintah, komunitas, perumahan, kampus, sekolah, dan sebagainya.

“Khusus pembuatan paspor kolektif,” ujarnya.

Nah, ia menjelaskan, untuk mendapatkan layanan ini, warga tinggal mengajukan ke kantor Imigrasi Klas II TPI Tanjunguban.

“Kuota maksimal 50 orang,” ujarnya.

Selanjutnya petugas dari Kantor Imigrasi  akan datang untuk foto dan wawancara di lokasi yang telah ditentukan.

Pelayanan easy paspor, menurutnya, dalam praktiknya juga menerapkan protokol kesehatan baik petugas maupun warga yang mengajukan pembuatan paspor.

“Oh ya layanan ini khusus pembuatan paspor baru dan pengantian, sedangkan paspor hilang atau rusak tetap dilakukan di kantor,” ujarnya.

Berapa lama layanan easy paspor? Ia menjelaskan, prosesnya memakan waktu sekitar 4 hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sesuai dengan jenis paspor yang dipilih.

“Tapi bisa selesai pada hari yang sama dengan catatan pembayaran PNBP dilakukan sebelum pukul 13.00 WIB,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, pengambilan paspor bisa diambil langsung oleh pemohon paspor, atau diambil oleh perwakilan instansi, kantor atau komunitas dengan melampirkan surat kuasa atau surat perintah dari pimpinan atau para pemohon.

“Paspor juga bisa dikirim melalui jasa PT Pos Indonesia,” kata dia.

Dia berharap, kehadiran layanan easy paspor dapat memudahkan masyarakat mendapatkan paspor di tengah pandemi covid-19. (met)