Kabar Pemkab

Komitmen Bupati Tingkatkan SDM Bintan

Tahap I Bansos Beasiswa, 48 Mahasiswa Tak Mampu Dibantu

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan bantuan sosial beasiswa tahap I ke mahasiswa di Aula Kantor Bupati Bintan, Kamis (16/7). F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Bupati Bintan, Apri Sujadi berkomitmen memajukan dunia pendidikan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Ini sudah menjadi tugas pemerintah,” ujarnya di sela-sela penyerahan bantuan sosial beasiswa tahap I ke 48 orang mahasiswa tidak mampu yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi baik di Kepri maupun luar Kepri.

Kegiatan berlangsung di aula Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Kamis (16/7) siang. Hadir Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Bintan Ismail, Kepala Dinas Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah Yandrisyah, dan Kepala Bagian Kesra Bintan Indra Gunawan.

Bupati berpesan, agar mahasiswa terus belajar dan belajar untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi, karena kondisinya sudah berubah,” ujarnya.

Tantangan dan persaingan ke depan menurutnya, akan semakin ketat. Apalagi masa pandemi covid membuat model pendidikan berubah.

“Adik-adik sekarang sudah merasakannya belajar virtual. Tidak menutup kemungkinan ke depan seperti ini,” katanya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan bantuan sosial beasiswa tahap I ke mahasiswa di Aula Kantor Bupati Bintan, Kamis (16/7). F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

Apri menyarankan, ikuti terus perkembangan  teknologi. Karena diprediksi lapangan pekerjaan akan semakin terbatas.

“Birokrasi akan terus dipangkas, dan ini akan memangkas lapangan kerja. Sebagai contoh sekarang orang berjualan tidak akan membuka toko, ke depan orang belanja bisa langsung membeli ke pabriknya,” ungkapnya.

Itulah kenapa pemerintah komitmen memajukan dunia pendidikan. Tidak hanya tingkat SD dan SMP dengan pemberian seragam dan perlengkapan sekolah. Namun pemberian beasiswa untuk mahasiswa asal Bintan.

Kepala Bagian Kesra Bintan, Indra Gunawan mengatakan bantuan sosial beasiswa diberikan ke 48 orang mahasiswa asal Bintan yang kuliah di Kepri maupun luar Kepri. Dimana setiap mahasiswa menerima bantuan dengan besaran Rp 2 juta.

“Diprioritaskan untuk mahasiswa dari keluarga tidak mampu, namun ada juga dari jalur prestasi,” katanya.

Dia mengatakan, Pemkab Bintan tahun ini mengalokasikan anggaran sekitar Rp 600 juta.

“Ini tahap pertama diberikan ke 48 orang mahasiswa asal Bintan. InshaAllah tahap berikutnya dalam waktu dekat karena sudah banyak yang mengajukan proposal. Saat ini sedang diverifikasi, mungkin Agustus sudah bisa disalurkan,” katanya. (met)